INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Tak pelak, keberadaan komputer saat ini bukan lagi barang mewah, alat ini telah digunakan di berbagai bidang pekerjaan, termasuk dalam pendidikan.

Pengenalan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diharapkan untuk membuat perubahan yang cepat yang dalam kehidupan penambahan dan perubahan dalam penggunaan berbagai produk ICT.

Melalui Informasi dan Perangkat Teknologi Komunikasi, kita dapat menemukan, mengeksplorasi, menganalisis, dan bertukar informasi secara efisien dan efektif. TIK akan membantu kita untuk mendapatkan ide-ide cepat dan bertukar pengalaman dari berbagai lapisan masyarakat.

Dengan demikian, inisiatif ini diharapkan dapat mengembangkan sikap dan kemampuan belajar mandiri, sehingga apa yang kita dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan di mana harus menggunakan TIK secara tepat dan optimal, termasuk implikasi dari saat ini dan masa depan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi Informasi yang mencakup semua hal yang berhubungan dengan proses, penggunaan sebagai alat, manipulasi, dan informasi manajemen. Sedangkan Teknologi Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat-alat untuk memproses dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Oleh karena itu Teknologi Komunikasi dan Teknologi Informasi adalah mitra yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan permrosesan, manipulasi manajemen, dan transfer / pemindahan informasi antar media.

Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
  1. Membuat kita sadar akan potensi pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari teknologi ini sebagai dasar untuk seumur hidup learning.
  2. Memotivasi kemampuan kita untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga dapat menerapkan dan mejalani kehidupan kegiatan sehari-hari secara mandiri dan lebih confident.
  3. Mengembangkan kompetensi kami dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja dan berbagai aktivitas sehari-hari.
  4. Mengembangkan berbasis ICT, sehingga belajar yang optimal dapat lebih menarik dan kami mendorang lebih terampil dalam keterampilan komunikasi yang digunakan untuk mengatur informasi dan bekerja bersama.
  5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif dan bertanggung jawab dalam penggunaanTeknologi Informasi dan Komunikasi untuk bekerja, belajar, dan pemecahan masalah dalam situasi sehari-hari.
Saat ini Departemen Pendidikan Program Informasi dan Perkembangan Teknologi Komunikasi berkembang secara besar. Ada tiga penting jumlah posisi program Departemen Pendidikan TIK pengembangan, yaitu:
  1. Kejujuran bidang TIK menjadi salah satu departemen di SMK. Pembangunan ICT secara teknis baik hardware dan software ke dalam kurikulum pendidikan. pembentukan pusat TIK di seluruh Indonesia untuk menghubungkan sekolah-sekolah di sekitar pusat ICT dibangun WAN (Wireless Area Network) kota.
  2. Pustekkom sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, pembelajaran SMA. Program ini bertujuan untuk mempersempit kesenjangan antara kota besar dengan kualits pendidikan daerah.
  3. Jardiknas (jeraring nasional pendidikan), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia.sehingga diperkirakan putus asa sebelum semua sekolah di Indonesia dihubungkan ke internet untuk melihat sebuah program yang diselenggarakan oleh dephkinas kita dapat menggunakan fasilitas ini karena terbuka.
 
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Pages

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pengunjung

Translate