Fungsi Komunikasi dalam Organisasi

Dalam kaitannya dengan berprilaku dalam organisasi, komunikasi sangatlah penting karena setidaknya, dalam berorganisasi komunikasi mempunyai 4 (empat) fungsi utama, yaitu :
 

1. Kontrol
Ketika karyawan diwajibkan untuk mengomunikasikan keluhan yang terkait dengan pekerjaan kepada atasan langsung, untuk mengikuti deskripsi pekerja, untuk mematuhi segala kebijakan perusahaan.

2. Motivasi
Komunikasi menjaga motivasi dengan cara menjelaskan kepada para karyawan mengenai apa yang harus dilakukan, seberapa baik pekerjaan mereka, bila hasil kurang baik, apa yang harus dilakukan karyawan.

3. Ekspresi Emosional

Melalui komunikasi, para pekerja dapat menunjukkan rasa frustrasi / puas mereka, dan komunikasi menyediakan jalan keluar bagi ekspresi emosional tersebut.

4. Informasi 
Komunikasi memberikan informasi yang dibutuhkan oleh individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dan mengevaluasi pilihan-pilihan alternatif yang ada.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Pages

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pengunjung

Translate