Dalam
kaitannya dengan berprilaku dalam organisasi, komunikasi sangatlah
penting karena setidaknya, dalam berorganisasi komunikasi mempunyai 4
(empat) fungsi utama, yaitu :
1. Kontrol
Ketika karyawan
diwajibkan untuk mengomunikasikan keluhan yang terkait dengan pekerjaan
kepada atasan langsung, untuk mengikuti deskripsi pekerja, untuk
mematuhi segala kebijakan perusahaan.
2. Motivasi
Komunikasi
menjaga motivasi dengan cara menjelaskan kepada para karyawan mengenai
apa yang harus dilakukan, seberapa baik pekerjaan mereka, bila hasil
kurang baik, apa yang harus dilakukan karyawan.
3. Ekspresi Emosional
Melalui
komunikasi, para pekerja dapat menunjukkan rasa frustrasi / puas
mereka, dan komunikasi menyediakan jalan keluar bagi ekspresi emosional
tersebut.
4. Informasi
Komunikasi
memberikan informasi yang dibutuhkan oleh individu dan kelompok untuk
mengambil keputusan dan mengevaluasi pilihan-pilihan alternatif yang
ada.
Label:
Perilaku dalam Berorganisasi
0 komentar:
Posting Komentar